SMPN 1 GB AWAI Kabar SMPN 1 GBA Acara Pendampingan Revitalisasi Bahasa Daerah Oleh Tim Guru Master Kabupaten Barito Selatan

Acara Pendampingan Revitalisasi Bahasa Daerah Oleh Tim Guru Master Kabupaten Barito Selatan

| | 3 Comments | 22:21

Rabu, 21 September 2022. Dari 718 bahasa daerah di 34 provinsi, 25 bahasa daerah terancam punah, 6 dinyatakan kritis dan 11 bahasa telah punah. Banyak bahasa daerah di Indonesia yang kondisinya terancam punah dan kritis. Penyebab utamanya karena penutur jatinya tidak lagi menggunakan dan mewariskan bahasanya kepada generasi berikutnya. Untuk merespon kondisi kritis bahasa daerah di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan program “Revitalisasi Bahasa Daerah Berbasis Sekolah dan Komunitas Tutur”. Sasaran dari revitalisasi bahasa daerah ini adalah 1.491 komunitas penutur bahasa daerah, 29.370 guru, 17.955 kepala sekolah, 1.175 pengawas, serta 1,5 juta siswa di 15.236 sekolah. Sementara itu, untuk komunitas penutur, Kemendikbudristek akan melibatkan secara intensif keluarga, para maestro, dan pegiat pelindungan bahasa dan sastra dalam penyusunan model pembelajaran bahasa daerah, pengayaan materi bahasa daerah dalam kurikulum, dan perumusan muatan lokal kebahasaan dan kesastraan.

Di Kalimantan Tengah sendiri, program Kemendikbudristek ini dilanjutkan oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah yang sepanjang tahun 2022 ini berupaya merevitalisasi empat bahasa daerah, yakni bahasa Dayak Ngaju, Dayak Maanyan, Dayak Ut Danum, dan Melayu Dialek Kotawaringin. Untuk revitalisasi bahasa Dayak Maanyan khususnya, Balai bahasa membentuk 3 tim master yang bertugas untuk melakukan pendampingan kepada SD dan SMP masing-masing di 3 kabupaten; Barito Utara, Barito Selatan dan Barito Timur. Diharapkan, tim master dapat menjaring dan mempersiapkan siswa-siswi terbaik untuk bertanding dalam festival bahasa daerah yang akan dilaksanakan ditingkat provinsi.

Pada hari Rabu, tanggal 21 September 2022, Tim Master yang terdiri dari beberapa Kepala sekolah, Unsur Pengawas, dan beberapa Guru melakukan pendampingan di SMPN 1 Gunung Bintang Awai. Sekolah telah mempersiapkan peserta perwakilan untuk ikut serta berkompetisi di beberapa bidang kesenian daerah yang akan dilombakan di festival nantinya, yakni Tumet leut (Bersenandung), Pantun, Puisi, dan Tanuhui (Bercerita) dalam bahasa maanyan.

Setelah bapak Kepala Sekolah dan ketua koordinator Tim memberikan sambutan, para peserta tampil satu persatu menunjukan kemampuanya. Anggota Tim Master yang ahli dalam bidangnya masing-masing mengamati dan mengevaluasi sebelum akhirnya memberikan Saran dan masukan untuk meningkatkan penampilan para peserta agar dapat menjadi perwakilan kabupaten di festival nantinya. Siswa dan siswi yang terlibat terlihat sangat antusias mengikuti sesi pendampingan.

SMPN 1 Gunung Bintang Awai berkomitmen untuk mensukseskan program Kemendikbudristek demi keberlangsungan Bahasa Maanyan. Diharapkan melalui program Revitalisasi Bahasa Daerah ini, para penutur muda semakin bersemangat dan tidak malu untuk menggunakan Bahasa Maanyan di keseharianya karena Bahasa merupakan salah satu identitas suku bangsa yang wajib dipertahankan.

Loading

3 thought on “Acara Pendampingan Revitalisasi Bahasa Daerah Oleh Tim Guru Master Kabupaten Barito Selatan”

  1. Скачать песню фотография. Когда выдан паспорт.
    Сходство в каком нибудь отношении между явлениями предметами понятиями это. Работы по психологии. Найди определение слов личность и общество в
    двух трех словарях сравни их если есть различия.
    Пример полной информации в информатике.

    Буквы бесплатные. Психологические тесты idrlabs на русском.

  2. Восприятие что это. Синоним к
    слову заставляет. Рисунок
    чем человек отличается от животного 6 класс обществознание.
    3 тип личности. Лекции по общей
    психологии лурия. Entp database.

Comments are closed.

Related Post