SMPN 1 GB AWAI Kabar SMPN 1 GBA Membawakan Cerita Rakyat “Hi Nalau Lepuh Namirang”, Perwakilan Barito Selatan Dari SMP 1 Gunung Bintang Awai Sukses Merebut Juara 1 Lomba Tanuhui Pada Festival Tingkat Provinsi

Membawakan Cerita Rakyat “Hi Nalau Lepuh Namirang”, Perwakilan Barito Selatan Dari SMP 1 Gunung Bintang Awai Sukses Merebut Juara 1 Lomba Tanuhui Pada Festival Tingkat Provinsi

| | 0 Comments | 23:04

Palangka Raya, 3 November 2022. Balai Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar festival bahasa tunas ibu di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng. Festival dilaksanakan untuk mengajak generasi muda bangga berbahasa daerahnya. Festival dirangkai dengan berbagai lomba dan diikuti 252 peserta dari tingkat SD dan SMP di Kalteng. Total 252 siswa siswi peserta féstival terdiri dari Kota Palangka Raya 54 orang, Kabupaten Kapuas 15 orang, Kabupaten Pulang Pisau 21 orang. Setelah itu Kabupaten Barito Timur 21 orang, Kabupaten Barito Utara 12 orang. Kabupaten Barito Selatan 13 orang, Kabupaten Katingan 12 orang. Sisanya ada Kabupaten Kotawaringin Timur 20 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 18 orang, Kabupaten Lamandau 18 orang, Kabupaten Seruyan 18 orang, Kabupaten Sukamara 18 orang, Kabupaten Gunung Mas 6 orang dan Kabupaten Murung Raya 6 peserta.

Bahasa Maanyan telah diimbaskan ke tiga kabupaten, yaitu kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Barito Utara. Adapun dua kategori yang dilombakan khusus untuk bahasa Maanyan yakni Tanuhui dan Tumet Leut. Peserta SD dan SMP dari tiga kabupaten ini bertanding untuk memperebutkan gelar juara.

Kabupaten Barito Selatan yang sebelumnya telah menggelar Festival Tingkat Kabupaten, membawa 13 peserta yang sudah diseleksi dan dilatih secara intens selama 8 hari. Salah satu perwakilanya adalah siswi SMPN 1 Gunung Bintang Awai bernama Natali Olivia.

Dengan tanuhui yang berjudul “Hi Nalau Lepuh Namirang”, Natali Olivia membawakan cerita bernuansa serius dan sedih yang berbeda dengan sebagian besar peserta lainya. Seluruh audiens dan para dewan juri terbawa suasana cerita sampai-sampai terasa suasana mistik yang membuat mereka terdiam tanpa suara. Dan sesuai dengan harpan,  pada saat malam penutupan Festival, siswi kelas VIII A tersebut diumumkan sebagai Juara Pertama kategori Tanuhui tingkat SMP mengalahkan peserta dari dua kabupaten lainya.

Kemenangan Natali Olivia melengkapi rangkaian kemenangan perwakilan Barito Selatan dibidang lainya yakni Juara 4 Tanuhui SMP, Juara 1 dan 2 Tanuhui SD, Juara 1 dan 3 Tumet Leut SD, Juara 3 dan 5 Tumet Leut SMP. Hal ini menjadikan Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus sebagai Juara umum Festival Bahasa Ibu Tingkat Provinsi. Buah manis kerja keras tanpa pamrih tim Revitalisasi dalam membimbing dan mendamping berbagai sekolah selama 2 bulan penuh.

Loading

Related Post