SMPN 1 GB AWAI Kabar SMPN 1 GBA Salah satu siswa SMPN-1 G.B. Awai terpilih untuk mengikuti JAMBORE NASIONAL XI

Salah satu siswa SMPN-1 G.B. Awai terpilih untuk mengikuti JAMBORE NASIONAL XI

| | 0 Comments | 14:22

Jambore Nasional Pramuka XI Tahun 2022 akan diselenggarakan pada 14 sampai dengan 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wusata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Pertemuan akbar penggalang se-Indonesia ini mengusung tema Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi. Dengan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Patriotisme, Scouts for SDG’s, Sustainability, New Energy, Up Date – Kekinian and Digital, serta Networking and Grab the Future.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupten Barito Selatan, pada tanggal 18 April 2022, mengadakan seleksi tingkat Kabupaten untuk mencari pasukan Pramuka Penggalang terbaik untuk mengikuti pesta penggalang yang hanya diadakan 5 tahun sekali tersebut.

Kwartir Ranting Gunung Bintang Awai, mengirimkan 4 peserta yang terdiri dari 2 putra dari SMPN 1 G.B Awai, (Tabak Kanilan) dan 2 putri dari SMPN 2 G.B Awai (Ugang Sayu) untuk ikut serta dalam kegiatan seleksi.

2 putra dari Tabak Kanilan yang ditugaskan sekolah untuk berpartisipasi masing-masing bernama Kristiano dan Yohanes. Pendampingan pun dilakukan oleh Ibu Cici Cahyati dari bidang kesiswaan, dan Bapak Rino Thesaloga sebagai koordinator bidang Kepramukaan. Kegiatan dimulai pada pukul 6.30 sehingga keberangkatan siswa dari Tabak Kanilan harus dilakukan pada dini hari.

Sebanyak lebih dari 30 pramuka penggalang dari berbagai Gugus Depan di Kabupaten Barito Selatan bersaing untuk bisa menjadi salah satu anggota dari target 16 peserta yang berangkat, terdiri dari 8 orang regu Putra dan 8 orang Regu Putri. Seleksi dilakukan di Sanggar Pramuka Kabupaten Barito Selatan Jl. Pahlawan Buntok.

Berbagai jenis tes pun dilakukan seperti baris-berbaris, tali-temali, sampai sandi-sandi. Mayoritas para peserta terlihat agak kesulitan dalam menghadapi ujian yang diberikan dikarenakan kurangnya latihan sebab era pandemi yang telah membuat vakum hampir seluruh kegiatan kepramukaan. Proses seleksi tersebut berlangsung sampai tengah hari. 

 

Tepat 1 minggu setelah seleksi, Kwartir Cabang pun mengumumkan hasil seleksi. Hasilnya, salah satu dari 2 peserta yang dikirimkan Gudep 059 – 060 SMPN 1 Gunung Bintang Awai atas nama Yohanes Aprilian Anugrah Kalelo Ratih terpilih untuk mengikuti Jamnas XI. Sekolahpun berkomitmen untuk mendukung penuh peserta didik yang menjadi perwakilan agar dapat menjaga dan mengharumkan nama baik daerah, dan khususnya nama Sekolah di kancah Nasional.

 

Loading

Related Post