SMPN 1 GB AWAI Kabar SMPN 1 GBA Sebagai Perwujudan Kegiatan P5, Siswa-Siswi SMPN 1 Gunung Bintang Awai Berkampanye Anti Perundungan ke beberapa SD dan satu SMA di sekitar Tabak Kanilan

Sebagai Perwujudan Kegiatan P5, Siswa-Siswi SMPN 1 Gunung Bintang Awai Berkampanye Anti Perundungan ke beberapa SD dan satu SMA di sekitar Tabak Kanilan

| | 0 Comments | 13:47

Gunung Bintang Awai, 4 Februari 2024 – Siswa dan siswi SMPN 1 Gunung Bintang Awai telah berhasil melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” pada hari Sabtu, tanggal 3 Februari 2024. Kegiatan ini merupakan puncak giat P5 yang dilakukan sekolah selama 6 bulan, dari Juni 2023 sampai Desember 2023. Inilah perwujudan dari upaya mereka dalam meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila serta mempromosikan sikap positif di antara sesama pelajar.

Topik yang diangkat dalam P5 kali ini adalah kampanye anti-perundungan, sebuah isu yang menjadi perhatian serius di kalangan pelajar. Dengan tekad yang kuat, siswa-siswi SMPN 1 Gunung Bintang Awai bergerak ke beberapa sekolah dasar di sekitar wilayah mereka untuk menyampaikan pesan-pesan penting mengenai bahaya perundungan dan pentingnya menghormati satu sama lain.

Kegiatan kampanye dilakukan di SMAN 1 Gunung Bintang Awai dan beberapa sekolah dasar, termasuk SD 1 Tabak Kanilan, SD 3 Tabak Kanilan, SD Kayumban, SD Ruhing Raya, dan SD Sarimbuah. Siswa-siswi SMPN 1 Gunung Bintang Awai membawa pesan edukasi tentang perundungan kepada adik-adik mereka di sekolah dasar tersebut dengan melakukan sosialisasi dan penempelan poster anti-perundungan di area sekolah. Sebelum melakukan kegiatan, siswa-siswi SMPN 1 G.B.A dengan mandiri permisi dan melapor kepada pihak sekolah sasaran untuk dapat melaksanakan kegiatan P5. Mereka belajar langsung dilapangan bagaimana berkomunikasi dan ber-birokrasi dengan baik dan sesuai prosedur.

Berkat kerjasama, dedikasi, dan dukungan para Guru, kampanye anti-perundungan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Siswa-siswi SMPN 1 Gunung Bintang Awai dengan semangat menyampaikan kepada adik-adik mereka di sekolah dasar dan kakak-kakak mereka di Sekolah Menengah Atas akan pentingnya menghormati satu sama lain, serta memperkenalkan konsep-konsep positif seperti persahabatan, empati, dan toleransi.

Selain kegiatan di sekolah lain, beberapa group juga ada yang melaksanakan P5 disekolah sendiri. Satu group dari kelas IX A yang bernama kelompok Gen 45 melaksanakan proyek dengan membawakan senam anti-perundungan pada hari Jum’at. Kegiatan senam tersebut rencananyan akan diadopsi oleh sekolah untuk dijadikan salah satu senam rutin pada hari Jum’at.

Kepala Sekolah SMPN 1 Gunung Bintang Awai, Bapak Deli Karnegi, S.Pd., menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kerja keras dan komitmen siswa-siswinya dalam melaksanakan kegiatan P5 ini. “Kami sangat bangga melihat semangat dan dedikasi para siswa-siswi kami dalam menyuarakan pesan-pesan penting tentang pentingnya menjaga kebersamaan dan menghormati perbedaan. Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal menuju lingkungan belajar yang lebih aman, inklusif, dan berbudaya di SMPN 1 Gunung Bintang Awai,” kata Bapak Deli.

Kegiatan P5 ini menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan nilai-nilai Pancasila tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga diimplementasikan dalam aksi nyata di masyarakat. Semoga keberhasilan yang dicapai oleh siswa-siswi SMPN 1 Gunung Bintang Awai menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan serupa dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan harmonis.

Loading

Related Post